Alasan Kenapa Harus Vaksin COVID-19 Secara Mandiri

Bagikan artikel ini

Kenapa harus vaksin COVID-19 secara mandiri adalah untuk membentuk herd immunity agar tidak mudah penularan infeksi virus corona.

Infeksi virus corona telah menjadi pandemi di seluruh dunia dan mengakibatkan infeksi saluran pernapasan akut hingga kematian.

Dilansir dari WHO (World Health Organization) kemungkinan besar infeksi virus corona tidak dapat hilang sepenuhnya, seiring berjalannya waktu virus ini akan menjadi endemik pada beberapa negara.

Oleh karena itu dianjurkan setiap orang untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 guna melindungi diri dan sekitar dari infeksi virus corona.

Selain itu vaksinasi COVID-19 mampu mengurangi keganasan virus corona apabila masuk ke tubuh agar tidak menyebabkan penyakit yang parah pada penderita dan juga kematian.

Baca juga:  Alasan Pentingnya Vaksin COVID-19

Pencegahan infeksi virus corona juga dapat dilakukan dengan tes rapid swab antigen.

Melakukan tes rapid swab antigen dapat membantu apakah tubuh Anda terinfeksi virus corona atau tidak.

Tes rapid swab antigen dapat dilakukan di lokasi Anda dengan Tenaga Medis Medi-Call sehingga tidak perlu ke Rumah Sakit.

Anda bisa mendapatkan layanan tes rapid swab antigen di rumah dengan menghubungi Call-Center Medi-Call 24 Jam.

Medi-Call: Layanan Rapid Swab Antigen di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Rapid Swab Antigen di Lokasi Anda

Kenapa Harus Vaksin COVID-19 Secara Mandiri

Dilansir dari kadin.id, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyatakan alasan kenapa harus vaksin COVID-19 secara mandiri adalah untuk membentuk herd immunity.

Baca juga:  Apakah Bisa Herd Immunity untuk Hentikan Penyebaran Virus Corona?

Herd immunity atau kekebalan kelompok adalah pembentukan antibodi pada populasi di suatu daerah agar kebal terhadap suatu penyakit atau infeksi virus.

Herd immunity bisa didapatkan melalui dua cara yaitu pembentukan antibodi secara alami atau melalui vaksinasi.

Saat seseorang terinfeksi virus dan kemudian sembuh, umumnya tubuh akan membentuk antibodi secara alami sehingga akan lebih kebal terhadap infeksi selanjutnya.

Namun pembentukan antibodi secara alami ini dinilai terlalu berisiko karena adanya kemungkinan penderita tidak dapat sembuh dari infeksi virus tersebut.

Oleh karena itu alasan kenapa harus vaksin COVID-19 secara mandiri adalah untuk mendapatkan herd immunity tanpa harus terinfeksi virus terlebih dahulu.

Alasan kenapa harus vaksin COVID-19 secara mandiri lainnya adalah, dilansir dari indonesia.go.id, pemerintah hanya menyediakan vaksin gratis untuk 32 juta warga negara.

Ini diperuntukkan bagi warga kurang mampu, tenaga publik, lansia serta tenaga kesehatan.

Sehingga kenapa harus vaksin COVID-19 secara mandiri adalah untuk kurang lebih 43 juta warga negara lainnya yang tidak mendapatkan vaksinasi gratis.

Kenapa harus vaksin COVID-19 secara mandiri juga dituliskan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 tahun 2021.

Vaksinasi mandiri atau disebut sebagai vaksinasi gotong royong dilakukan oleh perusahaan untuk karyawan-karyawannya beserta keluarga.

Untuk biaya kenapa harus vaksin COVID-19 secara mandiri ditanggung oleh perusahaan sehingga masyarakat tidak dipungut biaya.

Selain itu kenapa harus vaksin COVID-19 secara mandiri adalah karena vaksin yang digunakan telah dipastikan lulus uji kelayakan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) serta menggunakan merek yang berbeda dari vaksinasi gratis.

Vaksinasi ini aman untuk siapa saja termasuk lansia, ibu menyusui bahkan jika Anda sebelumnya positif terinfeksi virus corona.

Layanan Home Care Corona Medi-Call
Medi-Call: Layanan Home Care Corona di Rumah Anda

Apabila Anda positif terinfeksi virus corona dan sedang menjalani isolasi mandiri sebaiknya mendapatkan bantuan jasa home care corona dari Medi-Call.

Jasa home care corona Medi-Call dapat membantu mengecek saturasi oksigen dan perawat pasien terinfeksi virus corona di rumah.

Anda bisa mendapatkan layanan jasa home care corona dengan Tenaga Medis Medi-Call dengan menghubungi Call-Center 24 Jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
Medi-Call konsultasi infus vaksin vitamin di rumah