Seberapa Aman Vaksin COVID-19?

Bagikan artikel ini

Berikut 3 fakta mengenai seberapa aman vaksin COVID-19 untuk tubuh sebelum Anda mendapatkan vaksinasi.

Vaksinasi adalah cara yang paling efektif untuk mencegah penularan infeksi virus terutama virus COVID-19.

Infeksi virus COVID-19 dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan yang parah, pneumonia, merusak organ tubuh, memperparah penyakit bawaan hingga kematian.

Penyebaran virus COVID-19 antara satu orang ke orang lainnya sangat cepat melalui droplet kecil di udara seperti batuk, pilek, dan menyentuh benda yang tidak dicuci bersih.

Baca juga:  Ketahui Cara Penularan Infeksi Virus Corona di Sekitar Kita

Batuk parah, flu, kelelahan, demam, kehilangan kemampuan mencium bau, diare serta muntah merupakan gejala tubuh terinfeksi virus COVID-19.

Apabila Anda habis bepergian atau berinteraksi dengan orang lain kemudian mengalami gejala seperti di atas, sebaiknya segera hubungi dokter karena Anda mungkin terinfeksi virus corona.

Menggunakan layanan rapid swab antigen di rumah dengan Tenaga Medis Medi-Call dapat membantu mengetahui apakah Anda terinfeksi virus corona atau tidak.

Anda dapat menghubungi Call-Center 24 Jam untuk mendapatkan layanan rapid swab antigen di rumah.

Medi-Call: Rapid Swab Antigen ke lokasi Anda
Medi-Call: Rapid Swab Antigen ke lokasi Anda

Seberapa Aman Vaksin COVID-19

Mendapatkan vaksinasi COVID-19 dapat membantu mencegah penularan serta agar virus tidak bermutasi.

Seberapa aman vaksin COVID-19 menggunakan standar kualitas dan keefektifan yang ditetapkan oleh WHO (World Health Organization).

Berikut ini beberapa fakta mengenai seberapa aman vaksin COVID-19 yang perlu Anda ketahui:

 

  • Tidak terinfeksi virus corona

Seberapa aman vaksin COVID-19 yang pertama adalah dapat membuat Anda tidak terinfeksi virus corona.

Vaksin COVID-19 akan membantu tubuh membentuk antibodi sehingga membantu tubuh melawan infeksi virus dan terhindar dari sakit.

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) seberapa aman vaksin COVID-19 adalah mengurangi risiko Anda mendapatkan hasil positif saat tes virus seperti rapid atau swab.

Ini dikarenakan beberapa tes antibodi yaitu tes yang dilakukan untuk mengetahui apakah tubuh seseorang memiliki antibodi terhadap virus, biasanya menunjukkan hasil positif saat tes virus.

Namun penelitian terhadap vaksin COVID-19 tidak menunjukkan hasil positif saat tes virus dan penerima vaksin sudah memiliki antibodi sehingga mengurangi resiko terinfeksi virus.

 

  • Tidak mempengaruhi DNA

Seberapa aman vaksin COVID-19 adalah pemberian vaksin ini tidak mempengaruhi DNA.

Beredar kabar bahwa pemberian vaksin ini dapat mempengaruhi DNA sehingga mempertanyakan seberapa aman vaksin COVID-19.

Namun faktanya, kandungan vaksin COVID-19 tidak masuk ke dalam inti sel tubuh, tempat penyimpanan DNA.

Melainkan vaksin bekerjasama dengan imun tubuh untuk memperkuat kekebalan tubuh secara aman sehingga melindungi diri dari infeksi virus corona.

 

  • Tidak mempengaruhi kehamilan

Seberapa aman vaksin COVID-19 yang terakhir adalah tidak mempengaruhi kehamilan.

Ibu hamil maupun wanita yang sedang berencana untuk hamil dalam waktu dekat tidak perlu khawatir untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) para peneliti belum menemukan adanya risiko pada vaksin yang dapat mempengaruhi kehamilan serta kesuburan wanita.

Ini dikarenakan vaksin COVID-19 berfungsi untuk mengembangkan antibodi dalam tubuh guna mencegah infeksi virus corona.

Sehingga tidak menyebabkan masalah kehamilan maupun kesuburan.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Melakukan social distancing serta mengurangi frekuensi bepergian ke luar rumah juga dapat membantu mengurangi risiko penularan virus corona.

Apabila Anda ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dengan tenaga medis seperti dokter, perawat home care, perawat luka, bidan, fisioterapis maupun vaksinasi dapat melalui Medi-Call.

Anda bisa menggunakan layanan kesehatan di rumah dengan Tenaga Medis Medi-Call sehingga tidak perlu ke luar rumah, lebih nyaman di rumah pemesanan dapat langsung menghubungi Call-Center 24 jam.

DMCA.com Protection Status