Medi-Call

Kapan Vaksin Mandiri COVID-19 Dilakukan di Indonesia?

Bagikan artikel ini

Peraturan Menteri Kesehatan nomor 10 tahun 2021 mengatur tentang kapan vaksin mandiri COVID-19 dilakukan di Indonesia.

Guna melawan infeksi virus COVID-19 yang sudah mewabah seluruh dunia sejak tahun 2019, pemerintah mengeluarkan peraturan vaksinasi terhadap seluruh warga negara.

Selain itu, WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa adanya kemungkinan virus corona ini tidak akan hilang sepenuhnya melainkan menjadi endemik di beberapa negara.

Kasus ini hampir mirip dengan infeksi virus SARS yang menjadi endemik di beberapa negara setelah sebelumnya mewabah di dunia.

Meskipun memiliki kemungkinan tidak akan hilang, vaksinasi COVID-19 sangat penting untuk dilakukan.

Baca juga:  Alasan Pentingnya Vaksin COVID-19

Ini dapat membantu mengurangi keganasan penularan virus corona sehingga tidak menyebabkan sakit yang terlalu parah atau kematian pada penderitanya.

Oleh karena itu, guna dilakukan vaksinasi juga untuk mempercepat pelemahan virus corona agar gejala infeksinya semakin kecil dan tidak mematikan.

Salah satu cara mengurangi infeksi virus ini adalah dengan tidak bepergian ke tempat ramai seperti Rumah Sakit.

Anda bisa mendapatkan layanan kesehatan di rumah dengan Tenaga Medis Medi-Call seperti dokter, bidan, perawat home care, fisioterapis, dan vaksinasi melalui aplikasi atau Call-Center 24 Jam.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

 

Kapan Vaksin Mandiri COVID-19 Dilakukan

Dikutip dari indonesia.go.id, sebanyak 32 juta warga negara Indonesia diperkirakan akan mendapatkan vaksinasi gratis dari pemerintah.

Yaitu untuk tenaga kesehatan, tenaga publik, lansia dan penduduk yang kurang mampu.

Sedangkan 43 juta warga negara Indonesia lainnya dihimbau untuk melakukan vaksinasi mandiri atau disebut sebagai vaksin gotong royong.

Kapan vaksin mandiri COVID-19 dilakukan adalah saat semua vaksin yang akan digunakan sudah lulus uji kelayakan dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).

Dilansir dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia, diperkirakan dari 8.300 perusahaan sudah mendaftar dan menanti kapan vaksin mandiri COVID-19 dilakukan.

Vaksin gotong royong ini akan mencakup 6.7 juta karyawan dan keluarganya untuk ikut serta dalam program vaksinasi dan biaya ditanggung oleh perusahaan.

Jenis vaksin yang digunakan untuk program vaksinasi gotong royong akan berbeda dengan program vaksinasi gratis yang diadakan oleh pemerintah.

Baca juga:  6 Merk Vaksin COVID yang Ada di Indonesia

Kapan vaksin mandiri COVID-19 dilakukan akan menggunakan vaksin merk seperti Sinopharm dari China serta Moderna yaitu Amerika Serikat dan lainnya.

Semua vaksin gotong royong ini akan didistribusi oleh PT Bio Farma dan disalurkan langsung ke fasilitas kesehatan swasta yang sudah memenuhi persyaratan.

Oleh karenanya kapan vaksin mandiri COVID-19 dilakukan juga masih menunggu semua vaksin tersedia.

Merk vaksin Sinopharm yang akan digunakan saat kapan vaksin mandiri COVID-19 dilakukan memiliki tingkat keefektifan sebanyak 79% untuk melawan infeksi virus corona.

Beberapa negara seperti Uni Emirat Arab dan Bahrain sudah menggunakan vaksin merk Sinopharm untuk vaksinasi.

Sedangkan untuk vaksin merk Moderna yang juga digunakan saat kapan vaksin mandiri COVID-19 dilakukan memiliki tingkat keefektifan kurang lebih 94%.

Vaksin Moderna aman digunakan untuk pasien yang memiliki penyakit bawaan seperti jantung, asma, diabetes dan hipertensi.

Saat menunggu kapan vaksin mandiri COVID-19 dilakukan sebaiknya menjaga jarak, gunakan masker serta perkuat daya tahan tubuh dengan vitamin.

Layanan Home Care Corona Medi-Call
Medi-Call: Layanan Home Care Corona di Rumah Anda

Apabila Anda positif terinfeksi virus corona dan sedang melakukan isolasi mandiri di rumah dapat menggunakan layanan home care corona Medi-Call untuk membantu merawat Anda yang sedang isolasi mandiri di rumah.

Layanan home care corona Medi-Call dengan Tenaga Medis akan membantu mengecek suhu tubuh, kadar saturasi serta memberikan obat untuk Anda.

Pesan sekarang layanan home care corona Medi-Call dengan menghubungi Call-Center 24 Jam.

DMCA.com Protection Status