Alasan Pentingnya Vaksin COVID-19

Bagikan artikel ini

Alasan pentingnya vaksin COVID-19 adalah untuk penanggulangan serta mencegah penyebaran infeksi virus di Indonesia agar tidak semakin parah.

Peraturan Presiden No. 99 Tahun 2020 menyatakan bahwa adanya vaksinasi sebagai langkah upaya penanggulangan pandemi COVID-19.

Sampai hari ini, jumlah infeksi virus COVID-19 di Indonesia mencapai lebih dari satu juta kasus dengan jumlah kasus terbanyak per harinya mencapai enam ribu kasus.

Oleh karena itu setiap warga negara diharapkan mendapatkan vaksinasi COVID-19 guna mencegah penularan virus ini semakin banyak dan pandemi segera berakhir.

Lemas, diare, sesak nafas, demam tinggi, batuk parah, flu dan kesulitan mencium bau merupakan gejala infeksi virus corona pada tubuh yang perlu diwaspadai.

Baca juga:  Bagaimana Efek Virus Corona pada Manusia Saat Masuk ke Tubuh?

Apabila Anda mengalami gejala seperti di atas dan tidak kunjung sembuh setelah berhari-hari sebaiknya segera melakukan tes rapid swab antigen.

Rapid swab antigen adalah tes untuk mengetahui apakah tubuh sudah terinfeksi virus atau tidak. 

Cegah penularan dan tidak perlu keluar rumah Anda bisa mendapatkan layanan rapid swab antigen di lokasi Anda dengan tenaga medis Medi-Call pemesanan dapat melalui Call-Center 24 Jam.

Medi-Call: Rapid Swab Antigen ke lokasi Anda
Medi-Call: Rapid Swab Antigen ke lokasi Anda

Alasan Pentingnya Vaksin COVID-19

Vaksinasi merupakan langkah untuk mencegah infeksi penyakit menular seperti virus COVID-19 yaitu dengan cara meniru suatu penyakit tertentu kemudian dimasukkan ke dalam tubuh.

Setelah vaksinasi, tubuh akan membentuk antibodi untuk melawan suatu penyakit tertentu secara alami sehingga tidak akan mudah terinfeksi ataupun tertular penyakit.

Ini merupakan alasan pentingnya vaksin COVID-19.

Berikut ini beberapa alasan pentingnya vaksin COVID-19 yang perlu diketahui:

 

  • Mencegah kasus terburuk akibat infeksi

Alasan pentingnya vaksin COVID-19 lainnya adalah untuk mencegah kasus terburuk akibat infeksi virus corona.

Cepatnya penularan virus corona dari orang ke orang lain serta gejalanya yang mirip dengan flu menjadikan infeksi virus COVID-19 sangat berbahaya.

Lansia, penderita penyakit seperti diabetes, stroke, jantung merupakan orang-orang yang sangat rentan terinfeksi virus corona.

Daya tahan tubuh yang lemah seiring bertambahnya usia serta adanya penyakit bawaan menjadikan penderita mengalami kesulitan melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Ini menjadikan virus corona yang masuk ke dalam tubuh dapat merusak organ seperti paru-paru sehingga penderita mengalami sesak nafas akut hingga kematian.

 

  • Membentuk herd immunity

Alasan pentingnya vaksin COVID-19 selanjutnya adalah untuk membentuk herd immunity.

Herd immunity merupakan kekebalan kelompok untuk melindungi diri dari penyakit menular yang dilakukan dengan cara vaksinasi.

Baca juga:  Apakah Bisa Herd Immunity untuk Hentikan Penyebaran Virus Corona?

Apabila persentase penduduk yang mendapatkan vaksinasi cukup tinggi, maka dapat infeksi akibat penyakit menular akan lebih sulit menyebar.

Herd immunity juga dapat membantu melindungi orang-orang yang rentan terhadap penyakit menular seperti bayi, anak kecil dan lansia.

 

  • Mencegah mutasi virus

Alasan pentingnya vaksin COVID-19 yaitu untuk mencegah mutasi virus.

Virus akan selalu bermutasi, tidak terkecuali COVID-19.

Ini terjadi akibat banyaknya orang yang terinfeksi virus, sehingga virus berkembang dari bentuk sebelumnya.

Apabila virus bermutasi, maka ada kemungkinan ini akan menjadi lebih ganas dari sebelumnya.

Vaksinasi dapat membantu mencegah penularan virus corona sehingga mengurangi kemungkinan virus bermutasi.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Selain alasan pentingnya vaksin COVID-19 di atas, menerapkan social distancing, memakai masker, dan rajin mencuci tangan dengan selama dua puluh detik dapat membantu mengurangi risiko penularan.

Sebaiknya juga mengurangi aktivitas di luar rumah selama masa pandemi.

Apabila Anda ingin menggunakan layanan kesehatan sebaiknya dilakukan di rumah untuk mengurangi risiko penularan virus.

Anda bisa mendapatkan pelayanan tenaga medis Medi-Call seperti dokter, perawat, bidan dan fisioterapis ke rumah dengan menggunakan aplikasi atau hubungi Call-Center 24 Jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
Medi-Call konsultasi infus vaksin vitamin di rumah