Medi-Call

Sering Mengalami Asam Lambung? Berikut 4 Penyebab Asam Lambung Naik!

Bagikan artikel ini

Anda sering mengalami asam lambung naik? Jika ya, yuk ketahui sekarang juga penyebab asam lambung naik untuk mencegahnya terjadi lagi!

Banyak beredar mitos jika asam lambung bukanlah penyakit yang serius. 

Tidak jarang juga orang-orang menyepelekan penyakit yang satu ini. 

Padahal jika tak segera ditangani dengan baik, penyakit asam lambung bisa membahayakan tubuh.

Asam lambung adalah penyakit gangguan pencernaan yang disebabkan oleh sfingter atau katup yang berada di kerongkongan bagian bawah melemah.

Biasanya penyakit asam lambung ini ditandai dengan beberapa gejala seperti rasa terbakar di bagian dada, mual, rasa asam di mulut, nyeri saat menelan, bau mulut, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Apa Saja Gejala Asam Lambung Parah dan Cara Mengatasinya

Apabila mengalami asam lambung naik berulangkali dalam seminggu, Anda berisiko tinggi mengidap gastroesophageal reflux disease (GERD) sehingga menyebabkan komplikasi seperti radang atau kanker kerongkongan jika tak segera ditangani.

Seseorang dengan kondisi obesitas, hamil, usia lebih dari 40 tahun, aktif merokok atau secara terus-menerus terpapar asap rokok juga memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengidap GERD.

Jika Anda merasakan asam lambung naik lebih dari dua kali dalam seminggu, segera lakukan pemeriksaan kesehatan dengan dokter Medi-Call datang ke rumah melalui Call Center 24 Jam atau melalui aplikasi Medi-Call.

Dokter 24 Jam Ke Rumah Anda Medi-Call
Medi-Call: Layanan Panggil Dokter ke Rumah Anda

Penyebab Asam Lambung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyakit asam lambung terjadi karena melemahnya sfingter yang berada di kerongkongan bagian bawah.

Meskipun begitu, terdapat juga beberapa kondisi lainnya yang dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik. Berikut ini penjelasan lengkap terkait beberapa penyebab asam lambung naik tersebut.

  • Hernia Hiatus

Penyebab asam lambung naik yaitu hernia hiatus, sebuah kondisi ketika bagian atas perut menonjol ke diafragma, sehingga menghalangi proses asupan makan secara normal.

Kondisi hernia hiatus dapat menyebabkan isi perut lebih mudah untuk naik ke area kerongkongan.

  • Sindrom Zollinger-Ellison

Penyebab asam lambung selanjutnya yaitu sindrom zollinger-ellison, sebuah kondisi langka ketika tumor gastrinoma terbentuk di pankreas dan usus kecil.

Tumor tersebut akan menghasilkan gastrin dalam jumlah tinggi yang dapat menyebabkan peningkatan asam lambung.

  • Obstruksi Saluran Keluar Lambung

Penyebab asam lambung ketiga yaitu adanya obstruksi atau penyumbatan pada saluran keluar lambung.

Ketika saluran yang mengarah dari lambung ke usus kecil menyumbat, hal tersebut akan menyebabkan peningkatan asam lambung.

  • Makanan dan Minuman Pemicu

Penyebab asam lambung naik ternyata juga dapat berasal dari konsumsi beberapa makanan dan minuman yang memicu pengendoran sfingter seperti cokelat, mint, makanan berlemak atau pedas, kafein, dan alkohol.

Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda
Medi-Call: Layanan Kesehatan di Lokasi Anda

Apabila Anda sudah menghindari makanan pemicu atau menghentikan aktivitas merokok, tetapi masih merasakan gejala asam lambung naik. 

Segera lakukan pemeriksaan kesehatan dengan dokter Medi-Call datang ke rumah menggunakan aplikasi Medi-Call atau menghubungi Call Center 24 Jam.

Jangan menunggu sampai penyakit asam lambung Anda berubah menjadi komplikasi yang parah ya!

DMCA.com Protection Status