fbpx

Tipe Pasien yang Membutuhkan Perawat ke Rumah

Bagikan artikel ini

Perawat ke rumah mengalami tren yang semakin meningkat karena masyarakat menilai layanan perawat ini lebih memberikan kemudahan bagi pasien untuk mendapatkan perawatan tanpa perlu ke klinik atau ke rumah sakit.

Ada beberapa tipe pasien yang membutuhkan perawatan di rumah.

Salah satu profesi yang saat ini sedang menjadi tren baru dalam bidang kesehatan adalah layanan perawat ke rumah.

Perawat ke rumah atau yang sering disebut perawat home care adalah tenaga kesehatan yang memberikan perawatan terhadap pasien di rumah.

Semakin banyaknya masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan, namun karena faktor keterbatasan ekonomi, membuat pelayanan perawat ke rumah mulai banyak dicari.

Perawat home care memiliki peran untuk membantu dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama bagi pasien yang menjalani rawat jalan dengan rentang waktu yang cukup lama maupun pasien lanjut usia.

Pelayanan perawat di rumah semakin berkembang, terutama di kota besar seperti Jakarta.

Perawat ke Rumah

home visit perawat, perawat home visit, perawat ke rumah, perawat visit, perawat ke rumah anda, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Perawat ke Rumah Anda

Perawat home care adalah profesi perawat yang dapat memberikan pelayanan di rumah pasien.

Profesi ini dapat dilakukan oleh perawat yang sudah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) mulai dari lulusan SMK Kesehatan, D3 Keperawatan hingga S1 Keperawatan.

Hasil penelitian menunjukan kesembuhan pasien dengan melakukan perawatan kesehatan di rumah lebih besar karena pasien dapat tetap dekat dengan anggota keluarga meskipun sedang menjalani terapi kesehatan.

Tipe Pasien yang Membutuhkan Perawat ke Rumah

Layanan perawat home care dapat memberikan kemudahan kepada pasien untuk menjalani pengobatan tanpa harus mengunjungi rumah sakit.

Pasien dapat menikmati pelayanan rawat jalan tanpa harus antre dan menghabiskan waktu hanya untuk mengunjungi rumah sakit sehingga dapat lebih fokus terhadap proses penyembuhan pasien.

Tipe pasien yang membutuhkan perawat ke rumah, antara lain :

  • Pasien pasca melahirkan

Bagi ibu yang baru melahirkan, perawatan pasca melahirkan merupakan hal penting bagi dirinya maupun sang bayi.

Pada umumnya ibu yang baru melahirkan membutuhkan edukasi dalam merawat diri serta bayi.

Terutama bagi ibu yang melahirkan melalui proses operasi caesar, membutuhkan bantuan dalam penyembuhan luka operasi.

Selain itu pelayanan kesehatan pasca melahirkan yang banyak dilakukan oleh perawat bayi adalah pemutusan tali pusat bayi.

  • Pasien pasca operasi

Perawatan pasca operasi dengan penyakit kronis seperti paru kronis, gagal jantung, fisioterapi pada penyakit stroke, gangguan fungsi kemih hingga luka berat sangat memerlukan pendampingan tenaga kesehatan yang profesional.

Oleh sebab itu perawat home care sangat berperan untuk membantu proses penyembuhan pasien dengan melakukan proses pengobatan di rumah.

Pasien dapat lebih tenang dan nyaman selama menjalani proses penyembuhan karena berada dekat dengan anggota keluarga.

panggil perawat home care, panggil perawat lansia, perawat home care, perawat lansia, perawat orang tua, perawat lansia stroke, stroke
Perawat Home Care dan Lansia Medi-Call
  • Pasien lansia

Pasien lansia pada umumnya memang membutuhkan bantuan dalam mengurus keperluan pribadinya akibat keterbatasannya.

Selain karena faktor usia yang semakin tua, beberapa pasien lansia sudah memiliki penyakit tertentu seperti jantung, stroke maupun diabetes.

Perawat lansia dapat membantu pasien lansia dalam menjalani proses pengobatan untuk kesembuhan mereka sambil menikmati perawatan di rumah.

  • Perawatan luka

Pasien dengan luka berat seperti luka diabetes atau luka kanker harus mendapatkan pelayanan kesehatan perawat ke rumah yang profesional supaya mempercepat proses penyembuhan dan hasil yang maksimal.

Peluang Layanan Perawat ke Rumah

Semakin berkembangnya teknologi, maka berkembang pula segala jenis pelayanan termasuk dalam hal kesehatan.

Hal ini juga menjadikan peluang perawat ke rumah mulai terbuka lebar di kalangan masyarakat. Beberapa peluang layanan ke rumah, antara lain:

  • Kepercayaan pasien terhadap layanan perawat ke rumah. Pemberian layanan secara maksimal dengan membangun komunikasi yang baik antara pasien dengan perawat dapat membantu pasien untuk mulai beralih menggunakan perawat home care dalam masalah kesehatan.
  • Kemampuan ekonomi pasien merupakan hal yang membantu pasien untuk menggunakan layanan perawat home care.
  • Manfaat yang dirasakan pasien dalam menjalani proses pengobatan dengan perawat home care tentu sangat penting. Semakin cepat proses penyembuhan maka manfaat kepuasan pasien terhadap pelayanan dapat membangun kepercayaan pasien.
  • Ketergantungan pasien terhadap layanan perawat ke rumah membuat pasien secara perlahan akan mulai berangsur pindah menggunakan layanan perawat ke rumah selama proses pengobatan.

Lembaga Kesehatan Penyedia Perawat ke Rumah

Perawat ke rumah pada umumnya dikelola oleh lembaga. Lembaga kesehatan yang menyediakan perawat ke rumah, antara lain :

  • Rumah sakit, layanan rawat jalan di rumah pasien dengan perawat yang bekerja di rumah sakit tersebut.
  • Pemerintah, layanan ke rumah yang merupakan program pemerintah untuk daerah tertentu. Target pasien layanan ke rumah pemerintah adalah masyarakat kelas ekonomi ke bawah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat pada lingkungan tersebut.
  • Swasta, layanan ke rumah yang didirikan oleh lembaga swasta untuk memberikan layanan perawat home care dengan menrekrut tenaga medis profesional.
  • Lembaga sosial, layanan ke rumah bersifat sosial yang didirikan secara pribadi maupun berkelompok untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat. Pada umumnya layanan ini ditunjukan bagi daerah dengan tingkat kesehatan rendah dan masyarakat kurang mampu.

Biaya Layanan Perawat ke Rumah

Layanan perawat ke rumah yang disediakan oleh tiap lembaga penyedia memiliki harga berbeda.

Namun, kisaran harga yang ditafsirkan untuk layanan perawat ke rumah berkisar Rp 550.000 per hari sampai dengan Rp 3.500.000 per bulan.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.