Berikut Ini Pentingnya Menjaga Kebersihan Lansia di Rumah

Bagikan artikel ini

Mengetahui pentingnya menjaga kebersihan lansia dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik serta mental pada orang usia lanjut.

Seiring bertambahnya usia, lansia lebih cenderung mengabaikan kebersihan diri seperti jarang mandi, mencuci baju, keramas, sikat gigi dan masih banyak lagi.

Otot-otot tubuh yang mulai melemah serta sendi kaku menyebabkan lansia sulit berdiri dalam waktu yang lama dan juga kesusahan membasuh anggota badan.

Selain itu, adanya rasa takut akan terjatuh dan cedera membuat lansia enggan ke kamar mandi untuk menjaga kebersihan.

Oleh karena itu lansia membutuhkan pendamping untuk menemaninya menjaga kebersihan seperti mandi atau mencuci rambut, guna menghindari resiko jatuh dan cedera.

Baca juga:  4 Langkah Mudah Mencari Perawat Lansia Terpercaya untuk Orang Tua

Apabila Anda terlalu sibuk, bisa mendapatkan layanan perawat home care untuk membantu dan juga menemani aktivitas lansia di rumah termasuk menjaga kebersihan.

Anda bisa menggunakan layanan perawat home care terpercaya Medi-Call ke rumah untuk membantu lansia beraktivitas sehari-hari menggunakan aplikasi atau menghubungi Call-Center 24 Jam.

panggil perawat home care, panggil perawat lansia, perawat home care, perawat lansia, perawat orang tua, perawat lansia stroke, stroke, caregiver, care giver
Medi-Call: Layanan Perawat Lansia Ke Rumah Anda

Pentingnya Menjaga Kebersihan Lansia

Tidak memperdulikan pentingnya menjaga kebersihan lansia juga merupakan tanda bahwa orang tua membutuhkan bantuan dalam beraktivitas sehari-hari.

Berikut ini pentingnya menjaga kebersihan lansia yang perlu diketahui:

 

  • Mencegah kuman dan bakteri

Sistem imun tubuh menurun seiring bertambahnya usia, oleh karena itu pentingnya menjaga kebersihan lansia adalah untuk mencegah kuman dan bakteri.

Kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan infeksi, memperparah penyakit yang diderita lansia hingga kematian.

Untuk penderita diabetes, pentingnya menjaga kebersihan lansia adalah mencegah infeksi, luka bau dan bernanah yang dapat mengakibatkan amputasi.

Kuman, bakteri dan minyak umumnya mudah menempel di kulit sehingga perlu dibersihkan dengan air dan sabun untuk mencegahnya berkembang biak dalam tubuh.

 

  • Meningkatkan mood

Pentingnya menjaga kebersihan lansia adalah dapat meningkatkan mood.

Kulit, rambut dan pakaian yang bersih serta wangi dapat memberikan perasaan senang serta memberikan kesan positif pada lansia.

Ini dapat meningkatkan mood dan juga membuat lansia lebih percaya diri untuk beraktivitas serta bertemu orang lain.

Mood yang baik mampu meningkatkan kesehatan mental dan fisik pada tubuh.

 

  • Memeriksa anggota tubuh secara rutin

Pentingnya menjaga kesehatan lansia selanjutnya adalah dapat memeriksa anggota tubuh secara rutin.

Lansia khususnya penderita diabetes mengalami penurunan kepekaan pada kulit sehingga biasanya tidak menyadari adanya luka atau infeksi baru pada tubuh.

Anda dapat melakukan pengecekan anggota tubuh secara rutin saat lansia mandi atau mengganti baju untuk memeriksa adanya luka atau infeksi.

Selain itu, lansia sering lupa membersihkan dan memeriksa kesehatan gigi serta mulut sehingga menimbulkan masalah kesehatan mulut.

Kesehatan mulut yang tidak terjaga juga berkaitan dengan kondisi tubuh yang lainnya seperti jantung.

Oleh karena itu, sebaiknya selalu periksa kesehatan gigi dan mulut lansia secara rutin untuk mendeteksi penyakit sejak dini.

Apabila Anda menemukan adanya keluhan saat memeriksa tubuh lansia sebaiknya segera hubungi dokter.

Anda dapat menggunakan jasa panggil dokter ke rumah untuk pengecekan kesehatan menggunakan aplikasi Medi-Call atau menghubungi Call-Center 24 Jam.

dokter ke rumah, panggil dokter ke rumah
Medi-Call: Layanan Dokter ke Rumah Anda

Umumnya lansia membutuhkan mandi minimal tiga kali dalam seminggu jika tidak ada keperluan yang mengharuskan ke luar rumah.

Buatlah rutinitas yang harus dilakukan setiap hari mulai dari mandi dan menggosok gigi agar orang tua terbiasa akan pentingnya menjaga kesehatan lansia.

Letakkan pegangan dan alas anti slip di kamar mandi untuk menghindari jatuh pada lansia.

Baca juga:  Berikut 5 Langkah Mengurangi Resiko Orang Tua Jatuh

Sebaiknya memastikan lansia selalu ditemani oleh pendamping saat beraktivitas sehari-hari.

Anda bisa mendapatkan jasa perawat home care ke rumah untuk mendampingi lansia dengan melalui aplikasi Medi-Call atau Call-Center 24 Jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status
medi-call perawat home care caregiver home visit perawatan luka