Berikut Ini Vaksin yang Diperlukan Orang Dewasa Agar Tetap Sehat

Bagikan artikel ini

Vaksin influenza, hepatitis B dan pneumonia merupakan vaksin yang diperlukan orang dewasa.

Meskipun telah mendapatkan vaksinasi saat masih kecil, Anda tetap memerlukan vaksin saat dewasa.

Semakin bertambahnya usia, beberapa perlindungan dari vaksin dapat berkurang dalam tubuh sehingga Anda membutuhkan dosis yang lebih besar agar tetap terlindungi dari penyakit.

Selain itu, beberapa virus seperti virus flu terus bertransformasi setiap waktu sehingga Anda membutuhkan vaksin terbaru.

Anda juga memiliki resiko terkena penyakit tertentu akibat adanya perubahan gaya hidup, pekerjaan, pelesir ke luar negeri atau kota serta kondisi kesehatan saat dewasa.

Oleh karena itu, penting mendapatkan vaksin yang diperlukan orang dewasa terutama jika Anda sering bepergian ke luar negeri.

Anda bisa mendapatkan vaksin untuk orang dewasa dengan dokter Medi-Call di rumah saja melalui Call-Center 24 Jam atau aplikasi Medi-Call.

vaksin di rumah, vaksinasi di rumah, pesan vaksin, vaksin rabies, vaksin VAR, vaksin SAR, vaksin meningitis, vaksin influenza, vaksin difteri, medi-call, medicall
Medi-Call: Layanan Vaksin di Rumah Anda
Gejala

Vaksin yang Diperlukan Orang Dewasa

Setiap tahunnya, banyak orang dewasa jatuh sakit akibat penyakit yang bisa dicegah oleh vaksinasi seperti flu dan pneumonia.

Mendapatkan vaksin juga bisa membantu mengurangi resiko penularan penyakit dalam lingkungan Anda seperti keluarga dan lingkungan pekerjaan.

Berikut ini beberapa vaksin yang diperlukan orang dewasa:

 

  • Vaksin Influenza

Vaksin influenza merupakan salah satu vaksin yang diperlukan orang dewasa.

Orang dewasa dianjurkan mendapatkan vaksin influenza setahun sekali, terutama untuk ibu hamil dan yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri.

Ini dikarenakan virus influenza terus bertransformasi setiap saat sehingga membuat orang dewasa mudah terkena influenza.

Selain itu, virus influenza dapat melemahkan sistem imun sehingga mudah terkena berbagai penyakit lainnya serta cepat menular melalui droplet kecil di udara.

 

  • Vaksin HPV

Vaksin HPV adalah vaksin yang diperlukan orang dewasa lainnya.

Mendapatkan vaksin HPV dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker serviks, kutil kelamin serta kanker vagina dan vulva untuk wanita.

Selain itu, beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan sehingga vaksinasi mampu mengurangi resiko terkena kanker akibat virus ini.

 

  • Vaksin Hepatitis

Pemberian vaksin hepatitis A dan B juga merupakan vaksin yang diperlukan orang dewasa.

Pemberian vaksin hepatitis B membantu mengurangi resiko terkena penyakit hati yang serius, pada kasus terburuk menyebabkan kanker hati hingga kematian.

Hepatitis A merupakan penyakit hati yang mudah menular melalui minuman, makanan atau benda dan menyebabkan penyakit kuning serta gagal hati pada penderitanya.

Oleh karena itu penting untuk mendapatkan vaksin untuk hepatitis A dan B.

Saat ini tersedia kombinasi vaksin lengkap untuk hepatitis A dan B sehingga Anda tidak perlu mendapatkan vaksinasi terpisah.

 

  • Vaksin Pneumonia

Vaksin pneumonia adalah salah satu vaksin yang diperlukan orang dewasa.

Usia lanjut, merokok, penderita diabetes, asma serta parkinson merupakan orang lebih rentan terkena pneumonia.

Pneumonia merupakan infeksi paru yang membuat penderitanya kesulitan bernafas.

Ada dua jenis vaksin pneumonia, yaitu PPSV23 yang melindungi dari 23 jenis bakteri penyebab pneumonia dan PCV13 melindungi dari tiga belas jenis bakteri.

vitamin c di rumah, vitamin c, infus di rumah, pasang infus di rumah, infus vitamin c, medicall, medi-call
Medi-Call: Layanan Infus dan Vitamin di Rumah Anda

Pemberian vaksin untuk orang dewasa biasanya dimulai saat Anda berusia sembilan belas tahun.

Konsumsi makanan dan minuman bergizi, olahraga secara rutin serta memenuhi kebutuhan vitamin harian juga dapat membantu meningkatkan imun agar tidak mudah terkena penyakit.

Baca juga:  Jenis Imunisasi Lengkap Pada Anak yang Perlu Diketahui

Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin harian lewat suntik vitamin bersama dokter Medi-Call.

Dapatkan layanan suntik vitamin dengan dokter Medi-Call di rumah melalui aplikasi atau hubungi Call-Center Medi-Call 24 Jam.

Medi-Call Writers

Medi-Call Writers

Content writer on Medi-Call's Blog
DMCA.com Protection Status