Seperti Apa Gejala Yang Muncul Akibat Covid-19 Varian Omicron?

Bagikan artikel ini

Varian omicron memiliki gejala yang berbeda dengan varian lainnya. Simak informasi mengenai virus COVID-19 varian omicron berikut ini!

Pada tanggal 26 November 2021, WHO sudah menetapkan varian B.1.1.529 sebagai variant of concern (VOC) dan varian tersebut diperkenalkan dengan nama varian omicron.

Sejak kasus omicron pertama di Indonesia pada tanggal 16 desember 2021, Indonesia sudah mengalami peningkatan kasus positif yang sangat signifikan.

Varian ini dikhawatirkan dapat menyebabkan menurunnya kekebalan, efektivitas vaksin dan adanya peningkatan risiko terinfeksi kembali jika dibandingkan dengan varian lainnya. 

Omicron juga dapat mengurangi efektivitas antibodi tubuh yang berfungsi sebagai pengganti sistem kekebalan tubuh akan suatu penyakit spesifik.

Namun melakukan vaksinasi tetap terbukti efektif untuk mengurangi gejala parah pada pasien yang terpapar varian omicron.

Gejala omicron akan muncul pada dua sampai empat belas hari setelah terpapar.

Beberapa gejala yang muncul dapat berbeda-beda mulai dari ringan hingga parah tergantung kondisi tubuh serta komplikasi yang dimiliki oleh pasien.

Untuk mengetahui apakah Anda telah terinfeksi virus corona, perlu melakukan tes swab antigen maupun PCR.

Medi-Call menyediakan layanan tes swab antigen dan PCR di rumah saja, untuk memudahkan Anda cukup hubungi Call-Center 24 Jam Medi-Call atau aplikasi Medi-Call. 

Swab Antigen Test Medi-Call
Medi-Call: Layanan Swab Antigen di Lokasi Anda

Gejala Varian Omicron

Lalu seperti apa gejala dari varian omicron?

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), gejala yang dihasilkan oleh varian omicron adalah:

Hidung tersumbat dan sakit tenggorokan menjadi gejala paling umum yang dihasilkan oleh omicron ini. 

Baca juga:  Pertolongan Pertama pada Penderita Stroke, Waspada Hoax ini!
PCR Swab Test Medi-Call
Medi-Call: Layanan PCR Swab di Lokasi Anda

Omicron memiliki gejala yang sama dengan flu biasa tetapi keduanya disebabkan oleh virus yang berbeda.

Karena memiliki gejala yang hampir sama, diperlukan tes untuk membuktikan diagnosa yang tepat.

Untuk Anda yang lanjut usia dan Anda dengan penyakit komorbid seperti penyakit jantung, paru-paru atau diabetes akan sangat berisiko lebih tinggi bila terkena varian omicron.

Seluruh masyarakat diimbau dengan ketat untuk mengurangi risiko penularan dengan melakukan protokol kesehatan seperti mengenakan masker berlapis dan mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari ruang ramai serta mendapatkan vaksinasi corona.

Jika Anda merasakan beberapa gejala tersebut dalam dua sampai empat belas hari segera berkonsultasi dengan dokter Medi-Call ke rumah Anda dan melakukan tes swab antigen atau PCR di rumah saja dengan menghubungi Call Center 24 jam.

DMCA.com Protection Status